Rabu, 26 Oktober 2011

KELEBIHAN & KEKURANGAN NEW MEDIA

NAMA : TUBAGUS BURHANI
NPM : 56410996
KELAS : 2IA12


1. Facebook
Mungkin ga asing lagi dengan new media satu ini, yakni sebuah media sosial network yang sangat terkenal, di facebook kita dapat berinteraksi dengan berbagai macam orang dari seluruh dunia. Dala facebook sendiri kita dapat menampilkan profile diri kita, lengkap dengan foto-foto, bersosialisasi dengan orang-orang yang punya hobi sama, menjadi fans artis, berbagi cerita dan kegiatan kamu, atau chatting online dengan user lain.

Kelebihan :
1. bisa bertemu dengan teman-teman lama tanpa bertemu muka
2. media yang mempermudah kita untuk berkomunikasi
3. media komunikasi massa yang murah dan gratis

kekurangan :
1. mulai marak spam dari orang yang mau promosi produk
2. banyak penipu dan penjahat online bergentayangan cari mangsa
3. data diri pribadi kita bisa tersebar pada pihak yang tidak diinginkan
4. kegiatan hidup personal kita diketahui pihak lain


2. Twitter
Pada bahasan ke empat ini saya akan membahas mengenai new media yang cukup di gemari yakni twitter, twitter adalah suatu media yang lebih menjurus kepada jejaring informasi dari pada jejaring sosial, karena di sini hanya ada prinsip mengikuti dan di ikuti, itulah mengapa twitter sering juga di sebut microblog. Twitter sendiri dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc, yakni sebuah perusahaan yang dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey,lebih rincinya Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW).

Kelebihan:
1. walaupun terbilang baru namun mampu menyita banyak member walaupun tak
sebanyak facebook.
2. banyak artis yang sering menggunakan twitter daripada facebook sehingga memancing fansnya juga memakai twitter.
3. Dalam twitter jika ingin menambah teman cukup melakukan 'follow' dan tidak perlu disetujui oleh orang yang kita 'follow', jika di facebook harus menunggu konfirmasi dari orang yang di add.

Kekurangan :
1. karekter yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 140 karakter,, jauh sangat sedikit dibanding facebook yang mampu menampung 500 karakter.
2. penggunaan twitter terbilang lebih rumit dan ribet dibanding facebook. Kita harus menguasai beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak simbol yang lainnya.
3. dalam twitter harus pandai menyingkat kata karena karakter yang disediakan sangat sedikit.
4. foto profil sangat kecil dan tidak bisa membuat album foto layaknya dalam facebook.


3. Blog
Kelebihan :
Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.
Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain.

Kekurangan :
beberapa kekuranga blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.


4. Youtube
Kelebihannya :
1. bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
2. sebagai ajang promosi diri
3. bisa mendownload setiap video
4. bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat

Kekurangan :
1. mulai marak spam dari orang yang mau promosi produk
2. banyak penipu dan penjahat online bergentayangan cari mangsa
3. data diri pribadi kita bisa tersebar pada pihak yang tidak diinginkan
4. kegiatan hidup personal kita diketahui pihak lain


5. Wikipedia
Kelebihan :
1. Mudah digunakan. Aplikasi yang berbasi elektronik dan tampilan muka yang ramah bagi pengguna membuat
wikipedia mudah untuk digunakan.
2. Mutakhir. Isi entri dari Wikipedia sangat mutakhir karena perkembangan terbaru di dunia ini dapat dengan cepat ditulis dan dimasukan ke dalam pangkalan data Wikipedia. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu sangat lama untuk memasukkan entri baru.

Kekurangan :1. Kepengarangan yang tidak dikenal. Kepengarangan sangat menentukan sebuah informasi, karena anda pasti akan memilih tulisan yang ditulis oleh orang yang benar-benar ahlinya.



Sumber : http://misterpj.blogspot.com/2011/10/pengantar-teknologi-new-media-1-review.html
               http://albar10.wordpress.com/2011/10/26/kelebihan-dan-kekurangan-aplikasi-new-media/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar